Home / Tulungagung Update / Panen Raya Padi di Kelompok Tani Harapan Makmur Desa Wates Kecamatan Sumbergempol

Panen Raya Padi di Kelompok Tani Harapan Makmur Desa Wates Kecamatan Sumbergempol

Pada hari ini Rabu (24/4/2019) Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung melaksanakan Panen Raya Padi di Kelompok Tani Harapan Makmur Desa Wates Kecamatan Sumbergempol yang bertempat di Balai Tani Desa Wates Kecamatan Sumbergempol. Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB dan dihadiri oleh masyarakat Desa Wates Kecamatan Sumbergempol.

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM yang sekaligus memanen padi tersebut yang juga didampingi oleh Kapolres Tulungagung AKBP. Tofik Sukendar, SIK, Dandim 0807 Tulungagung Letkol. Inf. Wildan Bahtiar, SIP, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung Ir. Suprapti, Kepala Bulog Tulungagung, Camat Sumbergempol Galih Nusantara, S.STP, MM, Muspika Kecamatan Sumbergempol dan Kepala Desa Wates Kecamatan Sumbergempol. Dalam sambutannya Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM menyampaikan bahwa pangan terutama padi, merupakan kebutuhan dasar sebagian besar rakyat Indonesia. Oleh karena itu ketersediaan dan tingkat harganya pun dapat mempengaruhi banyak sendi kehidupan masyarakat Indonesia.

Guna mencapai kestabilan ketersediaan dan harga, maka berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah termasuk terus dilakukannya penelitian dan pengembangan yang menghasilkan teknologi baru maupun varietas-varietas baru yang bisa memenuhi kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas dan produksi, serta enak dan aman untuk dikonsumsi.

Seperti yang kita ketahui, selama beberapa tahun terakhir ini terjadi perubahan iklim yang ekstrem, yang berpengaruh sangat signifikan terhadap produktivitas dan produksi hasil pertaniar, termasuk padi. Karena kondisi tersebut maka dilakukan berbagai upaya untuk mengamankan produksi pangan (padi), diantaranya melalui kegiatan Peningkatan Produktivitas dan Produksi Padi melalui Gerakan Tanam Padi dengan Penerapan Jajar Legowo (Jarwo) dan Budidaya Tanaman Sehat.

Kabupaten Tulungagung merupakan daerah di Jawa Timur yang ikut andil sebagai penyangga pangan nasional dan selalu mendukung program pemerintah dengan meningkatkan produktivitas dan produksi tanaman pangan (padi), termasuk Kelompok Tani Harapan Makmur Desa Wates Kecamatan Sumbergempol telah turut berperan serta. Terbukti pada tahun 2018 Kelompok Tani Harapan Makmur Desa Wates Kecamatan Sumbergempol dengan Ketua Saudara Budiono telah memperoleh prestasi terbaik sebagai Juara ke I (satu) dalam Lomba Agribisinis Tanaman Pangan Komoditi Padi se Provinsi Jawa Timur.

Dalam forum ini, saya mengucapkan selamat kepada Kelompok Tani Harapan Makmur Desa Wates Kecamatan Sumbergempol yang telah memperoleh prestasi terbaik sebagai Juara ke I (satu) dalam Lomba Agribisinis Tanaman Pangan Komoditi Padi se Provinsi Jawa Timur. Semoga atas prestasi tersebut, akan dapat mendorong semangat para petani anggota kelompok tani dalam usaha meningkatkan produktivitas dan produksi padi pada musim tanam mendatang, aamiin YRA.

Pada kesempatan ini pula, saya mengajak kepada seluruh yang hadir khususnya kepada Saudara-saudara Aparat dan Petugas di Wilayah Kabupaten Tulungagung dan para petani anggota Kelompok Tani Harapan Makmur, mari kita pertahankan predikat untuk daerah kita sebagai lumbung pangan khususnya beras, dengan cara meningkatkan kerjasama dengan semua pihak yang terkait khususnya untuk meningkatkan produktivitas dan produksi padi.

Perlu juga saya informasikan bahwa para petani anggota Kelompok Tani Harapan Makmur Desa Wates Kecamatan Sumbergempol pada musim tanam Palawija bulan Agustus tahun 2019, juga akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah berupa Benih Jagung Hibrida untuk areal tanam seluas 50 (Lima Puluh) hektar, dengan jumlah benih sebanyak 750 kilogram. Semoga dengan mendapatkan bantuan benih jagung hibrida dapat mendukung dalam usaha meningkatkan produktivitas dan produksi jagung.

Akhirnya saya ucapkan terimaksih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua Kelompok Tani Harapan Makmur Desa Wates Kecamatan Sumbergempol yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk bersama-sama dalam pelaksanaan Panen Raya Padi tahun 2019. Semoga hasil panen meningkat dan melimpah sehingga dapat meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan para petani beserta keluarganya, aamiin YRA.

Dalam kesempatan ini pula, Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM yang didampingi oleh Forpimda Kabupaten Tulungagung dan Muspika Kecamatan Sumbergempol meresmikan Balai Tani Di Desa Wates Kecamatan Sumbergempol.

Acara selesai pukul 11.30 WIB dengan lancar dan sukses.

Baca Juga

Buka Puasa Bersama Yatim dan Dhuafa

Pada hari ini Sabtu (18/5/2019) Yayasan Yatim Mandiri Cabang Tulungagung dan Pemerintah Kabupaten Tulungagung melaksanakan …