Home / Tulungagung Update / Peringatan Isro’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 2019

Peringatan Isro’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 2019

Tulungagung, Rabu (24/4/2019) Pemerintah Kabupaten Tulungagung memperingati Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso. Acara dimulai pukul 08.00 WIB dan diikuti oleh ratusan ASN Pemkab Tulungagung, MUI, Ketua BAZNAS, Ketua Ormas Islam se Kabupaten Tulungagung, Staf Ahli, Kepala Dinas / Badan / Kantor / Bagian dan Camatse – Kab. Tulungagung beserta ibu, Anggota Persit Candra Kirana, para anggota Bhayangkari, anggota TP PKK Kabupaten Tulungagung dan anggota Dharma Wanita Persatuan, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Acara juga dihadiri Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM sekaligus membuka acara ini. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW sarat dengan berbagai peristiwa simbolis. Berbagai bentuk pengalaman yang dialami oleh nabi selama perjalanan, dimaksudkan oleh Allah untuk memperlihatkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagian dari tanda-tanda kebesaranNya. Pengalaman tersebut, kemudian disampaikan kepada umatnya agar direnungkan dan dipetik hikmahnya, sehingga umatnya mampu meraih martabat yang lebih tinggi di sisi Allah SWT.

Melalui momentum peringatan Isra’ Mi’raj ini, mari kita manfaatkan untuk tetap istiqomah, mengikat diri terhadap ajaran Islam yang utuh, menyempumakan ahlak dengan menjabarkan, menterjemahkan, merespon pesan dan nilai Islam kedalam seluruh aspek kehidupan, sehingga kita tidak terjebak pada acara seremonial terus berulang tanpa berimplikasi terhadap terjadinya perubahan fundamental dalam kehidupan kita ke arah yang lebih baik. Dengan Peringatan Isra’ Mi’raj ini, marilah kita jadikan sebagai media atau pedoman pencerahan bagi sikap dan tindakan kita, sehingga dari waktu ke waktu, dari hari ke hari amaliah kita akan terus mengalami peningkatan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, serta sejalan dengan salah satu

Misi Kabupaten Tulungagung, yakni terwujudnya kesejahteraan masyarakat Tulungagung melalui peningkatan SDM yang profesional berdasarkan iman dan taqwa.

Pada kesempatan ini pula, saya mengajak kaum muslimin dan muslimat untuk bersama-sama memantapkan pelaksanaan ibadah shalatnya, sehingga setiap muslim merasakan shalat sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi, bukan sebatas kewajiban yang harus ditunaikan. Sekali lagi saya mengajak, mari kita rajut benang yang kusut, mari kita tingkatkan ukhuwah rasa persaudaraan diantara kita, demi menatap masa depan yang lebih cerah, menuju Kabupaten Tulungagung yang baldatun toyibatun warobbun ghofur, sesuai harapan kita bersama.

Acara dilanjutkan dengan tauziah oleh Drs. KH. Agus Mu’adzin, M.Pdi dari Blitar, dalam ceramahnya menerangkan tentang peristiwa Isra Mi’raj merupakan perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW saat mendapatkan perintah shalat dari Allah SWT. Shalat dapat mencegah manusia dari perbuatan mungkar dan keji.

“Maka untuk itu, marilah kita melakukan sholat lima waktu secara istiqomah dan bagi laki laki sholatlah berjama’ah di masjid serta jangan lupa sholat sunah rowatib”, ajak Mu’adzin.

Isra’ dan Mi’raj merupakan sebuah teladan bagi pemimpin untuk selalu memperjuangkan kemudahan-kemudahan bagi para rakyatya. Dan juga merupakan momen berbenah diri untuk para rakyat, agar selalu menghargai perjuangan yang telah dilakukan oleh para pemimpinnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh :

1. Plt. Bupati Tulungagung;

2. Kapolres Tulungagung;

3. Dandim 0807 Tulungagung;

4. Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Tulungagung;

5. Perwakilan dari Pengadilan Negeri Tulungagung;

Baca Juga

Buka Puasa Bersama Yatim dan Dhuafa

Pada hari ini Sabtu (18/5/2019) Yayasan Yatim Mandiri Cabang Tulungagung dan Pemerintah Kabupaten Tulungagung melaksanakan …