Home / Tulungagung Update / Sosialisasi Tingkat Kabupaten Jalin Matra 2019

Sosialisasi Tingkat Kabupaten Jalin Matra 2019

Permasalahan Kemiskinan merupakan amanah dari Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 kepada Negara dan Pemerintah, Kemiskinan identik dengan ketertinggalan, oleh karena itu dalam rangka penanggulangan kemiskinan, Pemerintah wajib hadir ditengah-tengah orang miskin agar angka kemiskinan terus menurun. Penanggulangan kemiskinan merupakan prioritas utama bagi masyarakat di Tulungagung agar tidak lagi menanggung beban dan himpitan ekonomi. Berkenaan dengan hal tersebut pada hari ini Rabu (10/4/2019) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Tingkat Kabupaten Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) tahun 2019 bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Jl. R. A. Kartini no 7 Tulungagung.

Acara diawali dengan laporan dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tulungagung Drs. Eko Asistono, M.Si yang menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan:

Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi (Jalin Matra) Jalan Lain Menuju Masyarakat Mandiri dan Sejahtera untuk memberikan penjelasan, pemahaman tentang pedoman umum dan petunjuk tehnis Operasional pelaksanaan program kegiatan Jalin Matra :

1. PFK (Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan)

2. PK2 (Penangggulangan Kerentanan Kemiskinan)

dan

3. BRTSM (Bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin) kepada penerima sasaran program sehingga dapat terlaksananya kegiatan Jalin Matra serta dapat mendukung kegitan pengentasan kemiskinan.

Adapun tujuan yang akan dicapai melalui sosislisasi ini adalah untuk :

a. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai prinsip, prosedur, kebijakan, pelaporan pelaksanaan dan pertanggungjawaban hasil pelaksanaan Jalin Matra yang bertujuan Penanggulangan Kemiskinan bagi pelaku program dan masyarakat;

b. Mempercepat proses implementasi program di lapangan;

Adapun Hasil Yang di Harapkan adalah :

a. Dapat mengurangi beban Rumah Tangga sasaran program atas kebutuhan keluarga

b. Meningkatkan modal usaha ekonomi produktitf

c. Menguatnya komitmen Pengurus dalam menjalankan dan pemberdayaan masyarakat melalui BUMDesa

d. Terintegrasinya program-program pemerintah yang dilakukan oleh BUMDesa,

Peserta Sosialisasi adalah :

Perlu diketahuti Kabupaten Tulungagung Tahun 2019 mendapatkan program jalin Matra dari Provinsi Jawa Timur sebagai berikut:

– Jalin matra PFK dari Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 mendapat 22 Desa di 15 Kecamatan dengan sasaran 347 Rumah tangga Perempuan/sasaran

– Jalin matra PK2 dari Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 mendapat 4 Desa di 4 Kecamatarn

– Jalin matra BRTSM dari Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 mendapat 7 Desa di 5 Kecamatan

a. Pendamping Desa Jalin matra:66 orang

Jumlah peserta sebanyak 287 orang, berasal dari dengan rincian :

a. Ketua TP PKK Kabupaten 1 orang

b. Camat beserta TP PKK Kecamatan 31 orang

c. Pendamping desa tingkat Kabupaten 7 orang

d. Kepala Desa beserta Ketua BPD, Sekretariat Desa dan Ketua BUMDesa dan Bendahara Desa : 99 orang

Pelaksanaan Pada hari ini, Rabu tanggal 10 April 2019,

bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso

Kabupaten Tulungagung, dengan Narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Timur.

Sumber biaya penyelenggaraan:

Berasal dari Bantuan Keuangan Khusus Jalin Matra Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Tulungagung Tahun Anggaran 2019.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dan sekaligus membuka kegiatan sosialisasi ini. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu dari 38 (tiga puluh delapan) Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang mendapatkan bukan jalin mata dari pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2019. Untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten Tulungagung menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga atas kepedulian pihak pemerintah provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa Provinsi Jawa Timur terhadap kondisi kemiskinan di Tulungagung dengan harapan bahwa hasil yang dicapai guna meringankan beban kepada warga miskin dapat meningkatkan kegiatan dan usaha bagi kepala rumah tangga sasaran yang pada tahun ini di Kabupaten Tulungagung kembali mendapatkan prioritas program jalin matra dengan tiga jenis yaitu :

1. PFK (Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan);

2. PK2 ( Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan);

3. BRTSM (Bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin).

Sehingga program ini dapat dilaksanakan sesuai dengan pedoman umum dan petunjuk teknis operasional yang telah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Timur dan dapatnya dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi penerima sasaran.

Sebagai rumah tangga yang status kesejahteraan kurang beruntung, maka dengan mempunyai kewajiban dan tanggung jawab kepada anggota rumah tangga sebagai berikut :

1. Bagi kepala rumah tangga perempuan yang menggantikan peran laki-laki/bapak, sebagai ujung tombak keberlangsungan hidup bagi anggota rumah tangga;

2. Perlindungan bagi keluarga;

3. Mengantarkan cita-cita bagi anak-anaknya.

Maka dari itu himpitan ekonomi sebagai salah satu faktor untuk memenuhi kebutuhan keluarga semakin berat, sehingga sangat diperlukan peran pemerintah dalam meringankan beban tersebut. Hal ini diwujudkan melalui bantuan Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (jalin matra) berupa dana kepada kepala rumah tangga perempuan untuk pendukung usaha produktif bagi KRTP. Dana disalurkan melalui pihak Pemerintah Desa sehingga dalam penyaluran bantuan diberikan dalam bentuk barang yang terlebih dahulu diadakan identifikasi kebutuhan bagi penerima manfaat, sesuai dengan permintaan masing-masing. juga memberikan bantuan berupa pinjaman modal dengan jasa yang sangat murah kepada rumah tangga sasaran yang rentan miskin untuk mendukung usaha produktif agar kegiatan usahanya lebih meningkat.

Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM juga berpesan setelah disampaikannya bantuan tersebut, maka dapat dimanfaatkan, dipelihara dan dilestarikan serta dapat dikembangkan semaksimal mungkin sehingga hasilnya dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, agar terwujud keluarga yang mandiri dan sejahtera sesuai dengan tujuan program jalin matra ini.

Selanjutnya pemaparan oleh Narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Propinsi Jawa Timur Dra. Susanti Widiastuti, MT Kasi Pemberdayaan Usaha Masyarakat Desa dan Kelurahan. Dan Dr. Harianto dari Universitas Brawijaya Malang.

Baca Juga

Peringatan Isro’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 2019

Tulungagung, Rabu (24/4/2019) Pemerintah Kabupaten Tulungagung memperingati Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW bertempat di Pendopo …