Home / Tulungagung Update / Sapu Bersih Kali Ngrowo

Sapu Bersih Kali Ngrowo

Tulungagung, Kamis (21/3) “Bermula dari kondisi Kali Ngrowo yang makin tercemar oleh sampah dan terus bertambah setiap harinya, padahal disisi lain kali ini membelah kota Tulungagung melintasi kawasan perkotaan serta kaya akan potensi wisata yang mampu menambah estetika kota. Maka Bupati Tulungagung pada tahun 2017 yang lalu merasa perlu membentuk Satgas Kali Ngrowo” hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs. Sukaji, M.Si.

Satgas Kali Ngrowo sendiri adalah satuan tugas yang diawaki oleh 48 orang yang terbagi menjadi 3 rumpun tugas, yakni pemungut sampah di sungai dengan menggunakan perahu, kedua pengambil sampah yang dikumpulkan dari perahu serta membersihkan rumput dan tanaman pengganggu di bantaran sungai, ketiga petugas yang mengangkut sampah dengan truk untuk dibawa menuju TPA di Segawe Pagerwojo. Satgas ini bekerja tujuh hari dalam seminggu dengan jam kerja dari jam 06.00-11.00 menyisir sampah dari Dam Majan hingga HUKO Moyoketen.

Setiap pagi saat memulai tugas, Ari Sudrajat Pengawas Lapangan yang bertanggung jawab terhadap kebersihan Kali Ngrowo selalu memberi motivasi kepada petugas penyisir sampah serta memberi arahan wilayah-wilayah mana yang menjadi prioritas untuk dibersihkan sampahnya menggunakan perahu.

Sampah yang dibuang oleh masyarakat sekitar sungai didominasi sampah rumah tangga, bahkan tidak jarang ditemukan bangkai hewan yang dibuang sekenanya di sungai. Selain upaya penyisiran upaya lain yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup diantaranya adalah dengan membangun kesadaran masyarakat sekitar bantaran sungai untuk tidak membuang sampah di sungai. (Sekar)

Baca Juga

Peninjauan Kesiapan Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2019 di Kabupaten Tulungagung

Pada hari ini Senin (8/7/2019) Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Kapolres Tulungagung …