Home / Tulungagung Update / Tisu Jepang Penyelamat Arsip

Tisu Jepang Penyelamat Arsip

Tulungagung, Jumat (15/3) – “Bermula dari keprihatinan terhadap kondisi Buku Letter C di sejumlah desa di Tulungagung serta dokumen-dokumen penting lainnya maka Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Tulungagung merasa perlu untuk Magang Restorasi Arsip di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur” hal ini disampaikan oleh Silan Baidlowi, S.ST Ars saat memperagakan bagaimana menyelamatkan arsip yang wujudnya sudah sangat mengkhawatirkan nyaris lapuk. Sebagian juga sudah terlepas dari bendelnya. Secara tehnis arsip-arsip yang sudah hampir lapuk tersebut dilapisi dengan tisu Jepang yang dilengketkan dengan lem khusus. Dengan penggunaan tisu Jepang ini bisa menambah usia dokumen hingga 50 tahun.

Dalam kesempatan yang sama Drs. Eko Kenis Yuniato Kabid Kearsipan menyampaikan bahwa upaya lain yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan informasi yang ada pada buku letter C adalah di alih mediakan dalam bentuk digital. Sejauh ini sudah ada 14 kelurahan dan 35 desa yang sudah mendapatkan pelayanan alih media untuk menyelamatkan informasi dari buku letter C. Nantinya setiap tahun akan ada 15 sampai 17 yang mendapat pelayanan alih media buku letter C.

Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Tulungagung sudah menjadwalkan kegiatan Bimtek Restorasi Letter C bagi perangkat desa di Tulungagung. Sehingga kedepannya desa mampu melakukan upaya restorasi letter C secara mandiri. Untuk pengadaan tisue Jepang sendiri, selama ini masih harus melalui Kantor Arsip Nasional Indonesia lewat Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. (Sekar)

Baca Juga

Seleksi Calon Anggota Paskibraka Kabupaten Tulungagung Tahun 2019

Pada hari ini Kamis (21/3/2019) Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tulungagung menggelar Seleksi Calon …