Home / Tulungagung Update / Sosialisasi dan Koordinasi Pembuatan Laporan E-BPHTB Secara On Line

Sosialisasi dan Koordinasi Pembuatan Laporan E-BPHTB Secara On Line

Pada hari ini Rabu (6/3/2019) Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Koordinasi Pembuatan Laporan E-BPHTB Secara On Line bertempat di Hall Hotel Narita Jl. KH. Agus Salim no 87-89 Kelurahan Kenayan Kecamatan Tulungagung. Kegiatan mulai pukul 09.30 WIB.

Acara dimulai dengan pembacaan sambutan dari Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tulungagung yang dibacakan oleh Sekretaris Bapenda Sugiono, SH, MH menyampaikan bahwa didalam era perkembangan teknologi yang semakin pesat ini tentunya kebutuhan akan sistem informasi pajak daerah on line sangat penting diperlukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam rangka mengoptimalkan pelayanan pembayaran pajak kepada wajib pajak melalui bank, selain mengoptimalkan fungsi-fungsi organisasi yang baik dalam administrasi, pelayanan dan pengambilan keputusan dengan memanfaatkan teknologi informasi secara online. Bapenda Kabupaten Tulungagung telah membuat terobosan baru yakni membayar pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) secara online, dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat membayar pajak BPHTB dan meningkatkan pendapatan daerah. Dengan sistem pembayaran online, PPAT dan PPATS dapat diberi kemudahan atas kepengurusan proses pembayaran BPHTB sampai dengan pelaporan bulanan peralihan hak yang merupakan kewajiban dari PPAT dan PPATS. Oleh karena itu admin e-BPHTB dari PPAT dan PPATS diberikan sosialisasi untuk lebih memahami tata cara dalam membuat, mengisi, dan mengirimkan laporan bulanan BPHTB secara online, sehingga dari sosialisasi ini diharapkan kewajiban PPAT dan PPATS untuk melaporkan peralihan hak atas tanah dan bangunan bisa tepat waktu sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Acara dilanjutkan dengan pemateri dari narasumber Sugiono, SH, MH tentang cara pengisian dan pelaporan peralihan hak atas tanah dan bangunan yang ditangani oleh PPAT dan PPATS.

Kegiatan diikuti oleh peserta dengan jumlah 52 orang yang terdiri dari 33 orang PPAT dan 19 orang admin PPATS. Acara selesai pukul 12.00 WIB dengan lancar dan sukses.

Baca Juga

Buka Puasa Bersama Yatim dan Dhuafa

Pada hari ini Sabtu (18/5/2019) Yayasan Yatim Mandiri Cabang Tulungagung dan Pemerintah Kabupaten Tulungagung melaksanakan …