Home / Tulungagung Update / Peringatan Hari Jadi Dekranasda ke 39 Tahun 2019

Peringatan Hari Jadi Dekranasda ke 39 Tahun 2019

Pada hari ini Selasa (5/3/2019) Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan peringatan Hari Jadi Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke 39 Tahun 2019 yang bertempat di Gedung Dekranasda Jl. A. Yani Timur Kelurahan Kampungdalem Kecamatan Tulungagung. Acara di mulai pukul 09.00 WIB.

Acara di awali oleh laporan Ketua Panitia Dr. Eko Sugiono, MM yang juga sebagai Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Tulungagung dan juga sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung menyampaikan bahwa Diusianya yang cukup matang ini Dekranasda Tulungagung, lebih memantapkan fungsinya dalam membantu, menggali, melindungi, melestarikan dan membina serta mengembangkan seni kerajinan yang berbasis nilai budaya bangsa melalui program kegiatan pembinaan, pelatihan dan pemasaran/promosi hasil kerajinan daerah dengan mengikutsertakan dalam berbagai event pameran baik lokal maupun nasional.

Sebagai Ketua Umum yaitu Siyuk Rihayati Maryoto Birowo yang juga sebagai Plt. Ketua Dekranasda Kabupaten Tulungagung menyampaikan rasa terima kasih kepada para undangan yang telah hadir dalam acara ulang tahun Dewan Kerajinan Nasional ke 39 pada hari ini. Disampaikan pula tujuan Dewan Kerajinan Nasional adalah :

1. Menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya bangsa;

2. Menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni kerajinan bagi kehidupan;

3. Memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan pengrajin dan peminat dengan mendorong semangat kewiraswastaan mereka;

4. Membantu pemerintah merumuskan kebijaksanaan di bidang industri kerajinan dan program peningkatan kualitas sumber daya manusia;

5. Memperluas pangsa pasar hasil kerajinan.

Dan Dewan Kerajinan Daerah Kabupaten Tulungagung mempunyai visi mewujudkan Dekranasda sebagai wadah pengembangan produk kerajinan unggulan Tulungagung yang berkualitas. Diharapkan keberadaan dekranasda dapat :

1. Menggali dan mengembangkan potensi kerajinan Tulungagung;

2. Meningkatkan kemampuan usaha perajin Tulungagung;

3. Meningkatkan kualitas dan desain produk kerajinan Tulungagung;

4. Memperluas jaringan pemasaran produk kerajinan Tulungagung.

Kabupaten Tulungagung merupakan tempatnya kerajinan, utamanya batik, bordir, kerajinan kulit, batu onyx, dan logam. Diusianya yang cukup matang ini Dekranasda Tulungagung, lebih memantapkan fungsinya dalam membantu, menggali, melindungi, melestarikan dan membina serta mengembangkan seni kerajinan yang berbasis nilai budaya bangsa melalui program kegiatan pembinaan, pelatihan dan pemasaran/promosi hasil kerajinan daerah dengan mengikutsertakan dalam berbagai event pameran baik lokal maupun nasional. Hal tersebut terus dilakukan Dekranasda Tulungagung ke pengrajin, dampaknya sangat bagus serta baik, tidak hanya meningkatkan kesejahteraan para pengrajin saja, melainkan juga bisa menjadi ujung tombak dalam memenuhi tuntutan pasar global serta mampu mempertahankan jati diri bangsa. Show room Dekranasda Tulungagung merupakan ruang pamer yang digunakan untuk memamerkan sekaligus menjualkan hasil-hasil produk kerajinan IKM se-Kabupaten Tulungagung. Untuk itu, harga yang dipatok di ruang pamer ini jauh lebih murah dibandingkan harga pasar. Selanjutnya diharapkan bantuan dan kerjasama OPD terkait untuk membantu melakukan pembinaan kepada perajin di Tulungagung, memberi informasi keberadaan Dekranasda kepada masyarakat, mengarahkan wisatawan lokal dan asing untuk singgah sekaligus berbelanja di Showroom Dekranasda Tulungagung.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Plt. Bupati Tulungagung Drs. H. Maryoto Birowo, MM dalam sambutannya menyampaikan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Tulungagung merupakan organisasi yang berfungsi sebagai pembina bagi pelaku industri kerajinan yang berbasis sumber daya alam, budaya dan kreatifitas, serta berfungsi sebagai fasilitator bagi IKM di Kabupaten Tulungagung, untuk mengembangkan potensi daerah khususnya dibidang kerajinan. Hal ini menuntut pola pengembangan terpadu, tidak hanya terpusat pada Pemerintah dan Dekaranasda semata, perlu dipikirkan pola kerjasama antar pemangku kepentingan, agar produk kerajinan yang dihasilkan IKM Tulungagung memiliki kreatifitas tinggi dan memiliki pasar tersendiri di masyarakat. Inovasi yang berkesinambungan merupakan salah satu kunci sukses agar menghasilkan produk kerajinan dengan kreatifitas tinggi, Kabupaten Tulungagung memilki sumber daya alam yang melimpah dan pelaku usaha kerajinan yang terampil. Kedua potensi ini jka dipadukan akan menghasilkan produk kerajinan bernilai seni tinggi yang memilki keunikan. Keunikan ini merupakan salah satu faktor utama agar produk yang dihasilkan mempunyai pasar tersendiri di masyarakat. Industri kerajinan lokal bagus untuk meningkatkan daya saing produk kebudayaan Indonesia, sehingga produk kerajinan kita jadi produk yang diminati dan memiliki daya saing di pasar global. Dekranasda ingin memberikan ruang bagi perajin untuk menampikan produk-produk unggulannya sekaligus memperkenalkan hasil kerajinan daerah ke masyarakat yang lebih luas. Sehingga penting melakukan sinergi antara OPD dengan Dekranasda, mengingat aspek pembinaan meliputi banyak hal seperti permodalan, teknik produksi, desain, manajemen dan beberapa aspek lain. Hal ini tidak dapat dilakukan oleh Dekranasda sendiri, untuk itu saya menghimbau OPD terkait agar memberikan dukungan terkait pembinaan bagi IKM (Industri Kecil dan Menengah) di Kabupaten Tulungagung.

Saya mengucapkan terima kasih atas peran Dekranasda Kabupaten Tulungagung yang secara terus menerus melakukan upaya pengembangan industri kerajinan, dan berharap kegiatan pembinaan ini tetap dipertahankan dan ditingkatkan ditahun-tahun mendatang, mengingat kompetisi di era globalis asi saat ini menuntut agar produk yang dihasilkan oleh IKM memiliki daya saing yang kuat yang mampu merebut pangsa pasar baik lokal maupun global.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini, Saya ucapkan “Selamat Merayakan Hari Ulang Tahun Dekranas ke-39”, semoga Dekranas khususnya Dekranasda Tulungagung tetap berkarya memajukan industri kerajinan, memajukan IKM Tulungagung menghasilkan produk yang berkualitas yang mampu bersaing dipasar regional maupun global yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Tulungagung “Ayem Tentrem Mulyo Lan Tinoto”.

Selanjutnya dilakukan pemotongan tumpeng dari Plt. Ketua Dekranasda Siyuk Rihayati Maryoto Birowo yang diberikan kepada Ketua Harian Dekranasda Dr. Eko Sugiono, MM sebagai tanda peringatan ulang tahun Dekranasda ke 39.

Acara selesai pukul 12.00 WIB dengan lancar.

Baca Juga

Buka Puasa Bersama Yatim dan Dhuafa

Pada hari ini Sabtu (18/5/2019) Yayasan Yatim Mandiri Cabang Tulungagung dan Pemerintah Kabupaten Tulungagung melaksanakan …