Home / Tulungagung Update / Sosialisasi Aplikasi E-SPTPD UNTUK Bendahara Pengeluaran

Sosialisasi Aplikasi E-SPTPD UNTUK Bendahara Pengeluaran

Pada hari ini Selasa (12/2/2019) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi e-SPTPD Untuk Bendahara Pengeluaran pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung yang dilaksanakan di Ruang Singgasana II lt. II Hotel Istana Jl. KH. Agus Salim no. 73-75 Kelurahan Kenayan Kecamatan Tulungagung. Acara dimulai pukul 10.00 WIB.

Acara dibuka oleh Kepala Bapenda Ir. Sigit Widiono Purwo dan dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam era perkembangan teknologi yang semakin pesat ini tentunya kebutuhan akan sistem informasi pajak daerah online sangat penting diperlukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam rangka mengoptimalkan pelayanan pembayaran pajak kepada wajib pajak melalui bank, selain mengoptimalkan fungsi-fungsi organisasi yang baik dalam administrasi, pelayanan dan pengambilan keputusan dengan memanfaatkan teknologi informasi secara online. Pembayaran pajak daerah terutama Pajak Restoran atas makan dan minum kegiatan OPD di Kabupaten Tulungagung, sekarang lebih mudah dan cepat. Hal ini dikarenakan, Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tulungagung telah membuat inovasi baru yakni, melaporkan dan membayar pajak atas makan dan minuman kegiatan secara online. Cara ini tujuannya untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak daerah dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang berimplikasi terhadap meningkatnya pendapatan asli daerah. Selain itu juga melaksanakan anjuran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melaksanakan pelayanan secara elektronik dan online. Persiapan untuk program pembayaran pajak daerah secara online, telah dilakukan dengan mengundang pihak penyedia jasa aplikasi program untuk sistem pembayaran online dan Bank Jatim sehingga diharapkan pelaksanakan e-SPTPD bisa dilaksanakan dengan lancar dan real time. Dan juga diwajibkan bagi Bendahara Pengeluaran OPD untuk mempunyai NPWPD (Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah) karena aplikasi e-SPTPD ini pemanggilan user name menggunakan NPWPD.

Dilanjutkan dengan materi dari Narasumber dan sebagai narasumber yaitu Sugiono, SH, MH (Sekretaris Bapenda) menyampaikan tentang Pajak Hotel dan Restoran.

Dan secara teknis pengoperasian aplikasi disampaikan oleh Bambang Estiwuryawan dari PT. Mitra Prima Utama sebagai pihak penyedia jasa aplikasi program untuk sistem pembayaran online.

Selain itu juga ada pemberitahuan dari Bank Jatim bahwa untuk pembayaran Pajak Daerah (e-Billing) bisa dibayarkan menggunakan ATM Bank Jatim. Dan dilanjutkan pula pembayaran pertama secara simbolis oleh Bendahara Pengeluaran Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung Sri Purwanti, SP.

Baca Juga

Peringatan Isro’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 2019

Tulungagung, Rabu (24/4/2019) Pemerintah Kabupaten Tulungagung memperingati Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW bertempat di Pendopo …