Home / Tulungagung Update / Pelantikan Forum Pengurus Karang Taruna Kabupaten Tulungagung Masa Bhakti 2018-2023

Pelantikan Forum Pengurus Karang Taruna Kabupaten Tulungagung Masa Bhakti 2018-2023

Sejak kelahirannya pada tanggal 26 September 1960 Karang Taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang menjadi wadah pengembangan generasi muda telah mampu menampilkan karakternya melalui cipta, rasa, karsa dan karya di bidang kesejahteraan sosial. Hal ini merupakan bukti bahwa eksistensi karang taruna bisa menjadi modal sosial yang sangat strategis untuk mewujudkan keserasian, keharmonisan, keselarasan dalam kerangka penguatan kesetiakawanan sosial, kebersamaan, kejuangan, dan pengabdian.

Acara dibuka dengan laporan dari Ketua Panitia Pelaksana Drs. Suparni, MM menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini yaitu dengan maksud adalah agar roda organisasi karang taruna Kabupaten Tulungagung dapat berjalan sebagaimana mestinya sehingga eksistensi karang taruna dapat dirasakan kontribusi dan manfaatnya sebagai pilar kesejahteraan sosial yang tumbuh dan berkembang di masyarakat. Dan bertujuan untuk :

1. Memberikan legalitas atas eksistensi karang taruna disemua tingkat mulai Desa, Kecamatan dan Kabupaten;

2. Memberikan motivasi agar Pengurus Karang Taruna disemua tingkatan dapat memberikan kontribusi maksimal dalam pelaksanaan pembangunan khususnya bidang kesejahteraan sosial bersama-sama dengan komponen masyarakat lainnya.

Adapun jumlah pengurus yang dilantik adalah 120 (seratus dua puluh) orang yang terdiri dari 6 (enam) orang majelis pembina dan 114 (seratus empat belas) orang pengurus. Acara dimulai pukul 08.30 WIB.

Berkenaan dengan hal tersebut maka pada hari ini Jum’at (8/2/2019) dilaksanakan Pelantikan Forum Pengurus Karang Taruna Kabupaten Tulungagung Masa Bhakti 2018-2023 yang bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso. Dan yang menjabat sebagai Ketua Karang Taruna Kabupaten Tulungagung Eko Wijianto, S.Pd dari Desa Pucungkidul Kecamatan Boyolangu.

Adapun yang melantik adalah Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dan juga dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pengurus Karang Taruna Kabupaten Tulungagung yang baru dan diharapkan melalui kepengurusan yang baru semoga dapat membangkitkan semangat baru untuk lebih berperan, mengingat permasalahan sosial pada generasi muda khususnya dan masyarakat umumnya semakin kompleks dan membutuhkan penanganan yang lebih serius dan lebih terintegrasi dari semua Stake Holder terkait. Untuk itu melalui karang taruna supaya secara berkelanjutan terus dilakukan pemupukan kreativitas agar generasi muda dapat mengembangkan tanggung jawab sosialnya, baik yang bersifat rekreatif, edukatif, ekonomis produktif maupun kegiatan praktis lainnya dengan mendayagunakan segala sumber dan potensi kesejahteraan sosial di lingkungannya masing-masing secara mandiri, dan agar karang taruna bisa mereposisi dirinya menjadi lebih fleksibel dan akomodatif terhadap dinamika jaman sehingga bisa menjadi wahana yang menarik generasi muda untuk mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik. Tidak juga berharap kepada karang taruna Kabupaten Tulungagung untuk ikut menjaga kondusifitas wilayah masing-masing karena tahun 2019 ini merupakan tahun politik. Sekarang saatnya Karang Taruna Bangkit, Bergerak dan Berprestasi.

 

Acara juga dihadiri oleh :

1. Plt. Bupati Tulungagung

2. Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung

3. Kapolres Tulungagung

4. Dandim 0807 Tulungagung

5. Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung

6. Wakil Ketua FPKT Propinsi Jawa Timur

7. Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung

8. Camat se-Kabupaten Tulungagung

9. Ketua FPKT Kabupaten Tulungagung beserta anggota.

Baca Juga

Peringatan Isro’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 2019

Tulungagung, Rabu (24/4/2019) Pemerintah Kabupaten Tulungagung memperingati Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW bertempat di Pendopo …