Home / Tulungagung Update / Sosialisasi Penyampaian SPPT dan Pemungutan PBB P-2 Kabupaten Tulungagung Tahun 2019

Sosialisasi Penyampaian SPPT dan Pemungutan PBB P-2 Kabupaten Tulungagung Tahun 2019

Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak Daerah terutama dari PBB P-2 di Kabupaten Tulungagung, maka pada hari ini Kamis (7/2/2019) bertempat di Ballroom Crown Victoria Hotel Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tulungagung melaksanakan Sosialisasi Penyampaian SPPT PBB P-2 dan Pemungutan PBB P-2 Tahun 2019 yang mempunyai maksud dan tujuan adalah sebagai berikut antara lain :

1. Meningkatkan pemahaman petugas di lapangan tentang penyampaian dan pemungutan SPPT PBB P-2 di Desa maupun di Kelurahan;

2. Memberikan ketrampilan tentang teknis penyampaian dan pemungutan SPPT PBB P2;

3. Memberikan wawasan tentang pentingnya penyampaian dan pemungutan SPPT PBB P2 untuk pembangunan di Kabupaten Tulungagung;

4. Memberikan gambaran tentang bagaimana petunjuk teknis untuk pelaksanaan penyampaian dan pemungutan PBB P-2 kepada Wajib Pajak di Desa dan Kelurahan.

Selain itu juga menghimbau kepada seluruh Perangkat Penyampai SPPT dan Pemungut PBB-P2 untuk melaksanakan tugasnya sesuai dengan pentahapan yang telah ditentukan yaitu :

1. Untuk segera melakukan pengecekan terhadap Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB-P2 yang telah diterima;

2. SPPT PBB-P2 yang sudah benar, segera disampaikan dan/atau diterima Wajib Pajak paling lambat tanggal 20 Maret 2019;

3. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi penyampaian SPPT PBB-P2 kepada Wajib Pajak oleh petugas dari Bapenda dilaksanakan pada tanggal 05 Maret s/d 26 Maret 2019;

4. Struk/bukti penyampaian SPPT PBB-P2 ditanda tangani oleh Wajib Pajak/yang menerima dan petugas serta diberi tanggal penyampaian dan segera dikembalikan ke Bapenda paling lambat tanggal 29 Maret 2019;

5. Pengembalian SPPT PBB-P2 yang tidak tersampaikan kepada Wajib Pajak dikembalikan ke Bapenda paling lambat tanggal 09 Juli 2019 dan disertai dengan alasan serta bukti pendukung (foto, dsb).

Hal itu sebagaimana sambutan Kepala Badan Pendapatan Daerah yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pendataan dan Penetapan pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Tumijan, M.AP.

Dan jumlah ketetapan PBB P-2 tahun 2019 sebesar Rp. 29.528.426.266,00 (Dua Puluh Sembilan Milyar Lima Ratus Dua Puluh Delapan Juta Empat Ratus Dua Puluh Enam Ribu Dua Ratus Enam Puluh Enam Rupiah) dengan jumlah SPPT sebanyak 648.846 lembar.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi dari narasumber yaitu Sugiono, SH, MH yang menyampaikan tentang Pemungutan PBB-P2, Jenis Pelayanan PBB-P2 pada UPTB Pelayanan PBB-P2 dan BPHTB Kabupaten Tulungagung dan Inovasi dari Bapenda terkait dengan Pelayanan Pajak Daerah Kabupaten Tulungagung.

Adapun peserta Sosialisasi berjumlah 561 orang yang terdiri dari Kasi Pemerintahan Kecamatan se-Kabupaten Tulungagung, Kepala Desa/Kelurahan se-Kabupaten Tulungagung, dan Koordinator Petugas Pemungut PBB-P2.

Baca Juga

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Berbasis IT Kecamatan Boyolangu Tahun 2020

Pada hari ini Senin (18/2/2019) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tulungagung melaksanakan Musyawarah Perencanaan …