Home / Tulungagung Update / Sosialisasi dan Pembinaan Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Kabupaten Tulungagung Tahun 2019

Sosialisasi dan Pembinaan Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Kabupaten Tulungagung Tahun 2019

Pengadaan barang/jasa pemerintah mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan public dan pengembangan perekonomian nasional dan daerah, kontribusi dalam peningkatan produksi dalam negeri, peningkatan peran usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah dan usaha berkelanjutan. Hal ini sesuai Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2015 tentang percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa dan sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 diharapkan dapat mewujudkan kesamaan pemahaman dalam perencanaan pengadaan dan mewujudkan pengadaan barang/jasa yang sesuai dengan tujuan, kebijakan, prinsip, dan etika pengadaan barang/jasa.

Berkenaan dengan hal tersebut, maka pada hari ini Kamis (31/1) Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Sosialisasi dan Pembinaan Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa yang bertempat di Ruang Prajamukti Kantor Bupati Tulungagung Jl. A. Yani Timur no. 37 Tulungagung.

Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Ir. Indra Fauzi, MM yang dalam sambutannya membacakan sambutan dari Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM menyampaikan bahwa berharap dengan terselenggaranya sosialisasi dan pembinaan ini semua pihak yang terlibat dalam proses pengadaan mempunyai pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik terhadap wewenang, tugas dan tanggungjawab para pelaku pengadaan barang/jasa mulai dari Pengguna Anggaran, Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, Pokja Pemilihan, Pejabat Pengadaan dan Pejabat/Panitia Penerima Hasil Pekejaan serta penyedia. Semoga kegiatan yang kita lakukan ini dapat menambah pemahaman kita semua, sehingga pelaksanaan APBD Tahun 2019 ini dapat berjalan dengan baik, penyerapan anggaran dapat maksimal dan memperlancar kinerja percepatan pembangunan yang berkelanjutan serta berdaya guna dan berhasil guna, dan tentunya juga diharapkan dapat mendukung dan mengakselerasi perwujudan clean governance yang merupakan salah satu aspek penting dalam menunjang dan menjaga terwujudnya pemerintahan yang baik. Dan juga berharap kepada para Pengguna Anggaran untuk membuat dan menetapkan perencanaan pengadaan, menetapkan dan mengumumkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) dan melaksanakan konsolidasi pengadaan barang/jasa. Karena dalam proses pengadaan barang/jasa, prinsip dasar yang harus dipedomi yaitu : efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing dan akuntabel.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber yaitu Suwarno dari LKKP-RI yang menjelaskan tentang tugas dan wewenang pengguna anggaran dalam proses perecanaan pengadaan barang/jasa pemerintah. (Diskominfo)

Baca Juga

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Berbasis IT Kecamatan Boyolangu Tahun 2020

Pada hari ini Senin (18/2/2019) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tulungagung melaksanakan Musyawarah Perencanaan …