Home / Tulungagung Update / Bakti Sosial Khitanan Massal Satgas Nusantara Polres Tulungagung

Bakti Sosial Khitanan Massal Satgas Nusantara Polres Tulungagung

Dalam rangka cipta kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) untuk menghadapi Pemilihan Presiden tahun 2019, pada hari ini Rabu (30/1) Polres Tulungagung melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Khitanan Massal yang bertempat di SD Islam Al Hidayah Desa Samir Kecamatan Ngunut. Dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang anak.

Acara dibuka oleh Kapolres Tulungagung AKBP. Tofik Sukendar, SIK dan dalam sambutannya menyampaikan tujuan kegiata bakti sosial ini adalah menumbuhkan rasa kepedulian sosial kepada sesama manusia serta meningkatkan dan mempererat tali persaudaraan dalam mempermudah penyelenggaraan aktivitas sosial secara koordinasi, sinergis dan terarah. Melalui kegiatan Bhakti Sosial Khitanan Massal Satgas Nusantara Polres Tulungagung Dalam Rangka Cipta Kondisi Kamtibmas Menghadapi Pilpres 2019 yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, RSUD Dr. Iskak Tulungagung, RS Bhayangkara Tulungagung dan Poskes 05.10.05 Tulungagung ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, baik dari pandangan agama islam maupun dari pandangan medis. Sesuai dengan ajaran islam bahwa khitanan adalah salah satu bagian dari syariat agama islam yang diwajibkan bagi kaum laki-laki. Selain itu, apabila dikaji dari sudut pandang agama bahwa khitanan adalah mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sah-nya dalam melaksanakan ibadah. Sedangkan dari pandangan medis, seperti yang sering dijelaskan oleh para ahli kesehatan, karena alat vital anak laki-laki merupakan tempat persembunyian kotoran, virus, bakteri dan lain sebagainya yang dapat membahayakan kesehatan anak kita. Dan juga berharap agar kegiatan bakti sosial khitanan massal dapat membantu meringankan/mengurangi beban bagi masyarakat dengan harapan akan menjadikan anak-anak yang berguna bagi agama, bangsa dan negara.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM yang menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan khitanan massal ini kepada Kapolres Tulungagung dan jajarannya yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Sungguh sebuah momentum yang harus kita manfaatkan untuk meningkatkan tekad dan semangat kita semua untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan dan pendidikan, disamping sektor sektor lainnya. Dan pada kesempatan ini pula, saya mengharap agar seluruh warga desa Samir dan masyarakat Tulungagung selalu menjaga kesehatan dan memberikan pendidikan kepada putra putrinya yang lebih baik lagi, sehingga Kabupaten Tulungagung menjadi Kabupaten yang Sehat, Cerdas, bermartabat dan berbudaya.

Acara dihadiri oleh :

1. Kapolres Tulungagung

2. Plt. Bupati Tulungagung

3. Kepala Kejaksaan Negeri Tulungagung

4. Kasdim 0807 Tulungagung

5. Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung

6. Perwakilan RSUD dr. Iskak Tulungagung

7. Kepala RS. Bhayangkara Tulungagung

8. Kepala BRI Cabang Tulungagung

9. PJU Polres Tulungagung

10. Camat Ngunut

11. Kepala Desa Samir

12. Kepala Sekolah SD Al Hidayah Desa Samir Kecamatan Ngunut

Baca Juga

Peringatan Isro’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 2019

Tulungagung, Rabu (24/4/2019) Pemerintah Kabupaten Tulungagung memperingati Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW bertempat di Pendopo …