Home / Tulungagung Update / Kuliah Umum Penanggulangan HIV AIDS Kabupaten Tulungagung

Kuliah Umum Penanggulangan HIV AIDS Kabupaten Tulungagung

Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia Tahun 2018, pada hari ini Sabtu (1/12) diselenggarakan Kuliah Umum Penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Tulungagung oleh Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Tulungagung bertempat di Kampus STIKES Karya Putra Bangsa dan AKBID UNITA Jl. Tulungagung-Blitar No. 4 Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol.

Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2018 ini dengan tema : “Saya Sehat, Saya Berani”. Makna tema ini bertujuan untuk menyelamatkan aset bangsa agar usia produktif terjaga kualitas kesehatan dan kehidupannya, memotong siklus orang muda di pusaran HIV/AIDS. Selain itu berdasarkan laporan dari Ketua Panitia Ifada Nur Rohmaniah, S.Psi, M.Psi, Psikolog bahwa Kampus AKBID UNITA termasuk Civitas Akademika yang memiliki MOU dengan Komisi Penanggulangan AIDS di Kabupaten Tulungagung dalam keterlibatan di isue HIV-AIDS. Pada kuliah umun hari ini sasarannya adalah Provider Kesehatan Calon Bidan dan Perawat yang terlibat dalam pengendalian Penanggulangan HIV/AIDS. Narasumber dan materi adalah :

1. Didik Eka Sunarja Putra, S.Km, M.Si dengan Materi Dasar HIV dan AIDS;

2. Dra. Trisnawati Sasmito, S.St, M.Kes dengan materi Peran Serta Provider Bidan Dalam Pengendalian HIV dan AIDS di Masyarakat;

3. Muhroji, S.Kepi Ners dengan materi Universal Precaution dan Pemulasara Jenasah ODHA dari Dinas Keaehatan Kabupaten Tulungagung.

Acara dihadiri oleh Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dan sekaligus sebagai Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Tulungagung yang sekaligus membuka acara Kuliah Umum ini, dan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kondisi Tulungagung saat ini dalam temuan kasus HIV dan AIDS mulai dari tahun 2006 hingga Oktober 2018 sejumlah 2246 kasus. Masalah ini bukan lagi masalah suatu negara, tetapi masalah global yang mulai melanda dunia sejak dekade 1980-an. Masalah HIV & AIDS bukan sekedar masalah kesehatan belaka, tetapi juga masalah sosial yang kompleks, karena berdampak luas dalam kehidupan masyarakat, sehingga semua elem masyarakat dari berbagai usia harus melek HIV & AIDS. Dengan memahami dan mengerti informasi secara benar maka dapat dilakukan pencegahan secara dini. Apabila terjadi temuan ODHA (Orang Dengan HIV dan AIDS) kita perlu merangkul dan mengingatkan untuk patuh minum obat ARV (Anti Retroviral Virus) dan dapat diakses secara gratis yang telah dianggarkan APBN. Selain itu Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM berharap agar kita semua bisa terhindar dari penyalahgunaan Narkoba serta Sex Bebas dapat mengakibatkan terinfeksi HIV dan AIDS yang dapat merusak masa depan dan jadilah tunas-tunas bangsa yang sehat serta kompeten.

Acara dihadiri oleh :

1. Plt. Bupati Tulungagung;

2. Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung;

3. Ketua STIKES Karya Putra Bangsa beserta jajarannya;

4. Ketua Prodi D3 Kebidanan UNITA beserta jajarannya

Baca Juga

Gebyar Undian Berhadiah PBB P-2 Tahun 2018

Dalam rangka memberikan apresiasi kepada wajib pajak khususnya Wajib PBB P-2 terhadap pembayaran sampai dengan …