Home / Tulungagung Update / Launching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kabupaten Tulungagung

Launching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kabupaten Tulungagung

Untuk mewujudkan Tulungagung sehat menuju masyarakat sejahtera, mandiri dan berdaya saing, maka pada hari ini Jum’at (30/11) dilaksanakan Launching GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) bertempat di Halaman GOR Lembu Peteng Jl. Soekarno-Hatta Tulungagung dan menindaklanjuti Launching GERMAS di tingkat Nasional dan Provinsi JawaTimur sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 dan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke-813, Pemerintah Kabupaten Tulungagung melaksanakan melalui Bappeda Kabupaten Tulungagung dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Launching GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) sebagai salah satu strategi mempercepat terwujudnya Tulungagung sehat dan Negara kuat. Hal ini dikarenakan dengan meningkatnya penyakit tidak menular seperti Stroke, penyakit Jantung Koroner, Kanker, dan Diabetes serta perilaku yang tidak sehat dapat menurunkan produktivitas Sumber Daya Manusia, bahkan kualitas generasi bangsa.Tingkat kesehatan masyarakat sangat berpengaruh terhadap pembangunan sosial dan ekonomi.

Sebelum pembukaan acara, terdapat penampilan seni reog kendang dari Posyandu Desa Sobontoro yang personelnya terdiri dari Bapak Camat dan isteri, Kades dan isteri, Babinsa, Bhabinkamtibmas, petugas kesehatan serta perangkat desa setempat.

Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam sambutannya menyebutkan bahwa pelaksanaan GERMAS harus dilakukan mulai dari keluarga, karena keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian. Sehingga beliau menghimbau masyarakat yang hadir dapat menjadi pelopor kesadaran hidup sehat di lingkungannya masing-masing mulai dari keluarga dengan berolahraga 30 menit perhari, mengonsumsi buah dan sayur serta memeriksakan kesehatan dengan rutin.

Dimulainya acara dilakukan secara simbolis dengan pemukulan gong dan pelepasan balon oleh Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM didampingi Forkopimda Tulungagung. Usai pelaksanaan senam massal, ribuan peserta yang hadir dapat menyicipi buah yang disediakan dan memeriksakan kesehatan di stand yang telah ada.

Diharapkan melalui kegiatan Launching GERMAS pagi ini dapat meningkatkan semangat, motivasi serta kesadaran masyarakat akan kesehatan.

Acara dihadiri dan diikuti oleh :

1. Plt. Bupati Tulungagung beserta ibu

2. Forkopimda Kabupaten Tulungagung

3. Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung beserta ibu

4. Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung beserta ibu

5. Direktur BPJS Cabang Tulungagung

6. Perwakilan pemerintah Propinsi Jawa Timur

7. Camat se-Kabupaten Tulungagung

8. Perwosi Cabang Tulungagung

9. Tim penggerak PKK Kabupaten Tulungagung

Baca Juga

Gebyar Undian Berhadiah PBB P-2 Tahun 2018

Dalam rangka memberikan apresiasi kepada wajib pajak khususnya Wajib PBB P-2 terhadap pembayaran sampai dengan …