Home / Tulungagung Update / Fair dan Contest Goldfish 2018

Fair dan Contest Goldfish 2018

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke 813, Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Mas Koki Fair dan Contest 2018. Tema kontes ikan mas koki tahun 2018 adalah ” SONGSONG PASAR INTERNASIONAL YANG SEMAKIN BERKEMBANG”. Kontes ikan mas koki ini tingkat nasional dengan jumlah peserta sebanyak 150 ekor ikan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 1 sampai dengan 3 November 2018 dan merupakan agenda rutin tahunan dan bertempat di lapangan tenis Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung Jl. Ki Mangun Sarkoro no. 4 Tulungagung. Hari ini Sabtu (3/11) merupakan acara penutupan dan sekaligus pemberian hadiah kepada para juara.

Jenis ikan yang dilombakan/dikonteskan ada 4 jenis antara lain :

1. Oranda

2. Ryukin/Tossa

3. Ranchu

4. Open/campuran

Kategori Lomba/Kontes ada 5 kategori antara lain :

1. Breder

2. Baby

3. Yunior

4. Senior

5. Jumbo

Peserta kontes dari Jakarta, Tangerang, Sragen, Semarang, Yogja dan dari berbagai Kabupaten/Kota di Jawa Timur dan juga terdapat peserta kehormatan dari luar negeri yaitu Singapura dan Philipina.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung Ir. Tatang Suhartono, MM dan sekaligus menutup acara kontes ikan mas koki Tulungagung ditutup. Dalam sambutannya bahwa dengan diselenggarakannya kontes ikan mas koki ini bisa mengenalkan Strend baru ikan mas koki, meningkatkan pangsa mas koki dan membangun jaringan pasar yang lebih baik, dan meningkatkan pendapatan masyarakat terutama para pedagang, penghoby, dan para pembudidaya mas koki. Untuk perkembangan jaringan pasar internasional dari 3 tahun yang lalu naik 30% dan yang terbesar ke negara Singapura karena sebagai pintu masuk ke negara lain. Harapan yang ingin disampaikan kepada komunitas ikan mas koki ini adalah dapat membantu jaringan pasar export sehingga komunitas lokal bisa mendapat dan memperoleh peningkatan perekonomian sekaligus untuk para pembudidaya bisa menghasilkan strend baru mas koki di Kabupaten Tulungagung dan dapatnya difasilitasi dengan pelatihan dan perlindungan ke pemilikan aset melalui HAKI.

Baca Juga

Final Turnamen Bola Voli DPRD Cup V Tahun 2018

Kejuaraan Bola Voli telah dilaksanakan mulai tanggal 12 Nopember 2018 kemarin dan pada hari ini …