Home / Tulungagung Update / Grebek Wilis “Buceng Robyong”

Grebek Wilis “Buceng Robyong”

Kamis (13/9), dalam rangka pelestarian warisan para leluhur Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung melaksanakan kegiatan Fasilitasi Upacara Adat di Kabupaten Tulungagung yang bertempat di Candi Penampihan Desa Geger Kecamatan Sendang.

Sambutan plh. Bupati Tulungagung Ir. indra Fauzi, MM dibacakan oleh Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung, bahwa ritual Buceng Ribyong ini merupakan warisan para leluhur yang terus dan senantiasa dipelihara serta dibudayakan oleh masyarakat Desa Geger khususnya dan Pemerintah Kecamatan Sendang yang sekaligus merupakan agenda rutin dan Pemerintah Kabupaten Tulungagung guna mengembangkan pariwisata budaya, alam dan sekaligus budaya religi yang syarat dengan ajaran-ajaran adi luhung guna meningkatkan kunjungan wisata ke wilayah Sendang khususnya dan Tulungagung umumnya, sehingga bisa meningkatkan keaejahteraan masyarakat dan sekaligus terlaksananya pembangunan di kawasan Tulungagung. Kegiatan Ritual Buceng Robyong ini diharapkan agar seluruh komponen yang ada mau secara bersama-sama menjaga kearifan budaya lokal yang ada sekaligus melestarikan dan mengembangkan sehingga bisa digunakan sebagai wahana pendidikan bagi generasi muda kita. Tidak lupa juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Kepala Desa Geger bapak Jumari dan seluruh perangkat Desa, Ketua dan Anggota Paguyuban Ranu Handoko Mulyo Desa Geger dan pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan Ritual Buceng Robyong ini.

Adapun rangkaian acara ini adalah :

1. Ritual Candi Penampihan

2. Ritual Sumber Tirta Amerta

3. Ritual Larung Sesaji diantaranya :

– Larung Sesaji

– Larung Bebek

– Larung Burung Dara

– Larung Ikan

– Larung Hasil Bumi

Ritual dipimpin oleh Mbah Suryani sebagai sesepuh dari Desa Geger Kecamatan Sendang di Candi Penampihan dan dilanjutkan dengan larung sesaji, larung bebek, larung burung dara, larung ikan dan hasil bumi di aliran sumber tirto amerta di kawasan Candi Penampihan dan diperebutkan oleh warga sekitar.

Acara dihadiri oleh :

1. Kepala Bakesbangpol Kabupaten Tulungagung

2. Kepala Satpol PP Kabupaten Tulungagung

3. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung

4. Muspika Kecamatan Sendang

5. Pimpinan dan jajaran Direksi Bank Indonesia Kediri

6. Kepala Desa Geger dan seluruh perangkat Desa Geger

7. Tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Geger

8. Ketua dan anggota majelis Luhur Kepercayaan Indonesia

9. Ketua dan anggota Paguyuban Ranu Handoko Mulyo Desa Geger

10. Ketua dan anggota Organisasi Pemuda di Desa Geger

11. Penyandang Dana dan Donatur.

Baca Juga

Final Turnamen Bola Voli DPRD Cup V Tahun 2018

Kejuaraan Bola Voli telah dilaksanakan mulai tanggal 12 Nopember 2018 kemarin dan pada hari ini …