Home / Tulungagung Update / Sosialisasi Aplikasi e-BPHTB Kabupaten Tulungagung Tahun 2018

Sosialisasi Aplikasi e-BPHTB Kabupaten Tulungagung Tahun 2018

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal kepengurusan pajak BPHTB, maka pada hari ini Kamis (20/8) Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tulungagung melaksanakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi e-BPHTB Tahun 2018 kepada PPAT/ Notaris yang bertempat di Ruang Singgasana Hotel Istana Tulungagung Jl. Agus Salin No. 73-75 Kelurahan Kenayan Kecamatan Tulungagung.

Aplikasi e-BPHTB ini merupakan inovasi dari Badan Pendataan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tulungagung agar bisa meminimalisasi pertemuan langsung dengan Wajib Pajak BPHTB.

Acara dibuka oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tulungagung Ir. Sigit Widiono Purwo dalam sambutannya aplikasi e-BPHTB ini merupakan salah satu tindak lanjut dari rencana aksi sosialisasi pencegahan korupsi yang dilaksanakan pada akhir tahun 2017 di Madiun oleh KPK, tujuan dari penggunaan aplikasi e-BPHTB ini untuk mempermudah memberikan pelayanan kepada wajib pajak/masyarakat yang dilakukan oleh PPAT / Notaris dalam hal penghitungan pajak BPHTB peralihan hak. Aplikasi e-BPHTB ini direncanakan akan dilounching pada bulan September 2018. Pengguna aplikasi ini adalah PPAT/ Notaris sebagai user. Sistem ini bersifat paperles (tanpa kertas) dan tanpa hadir dikantor Pelayanan PBB dan BPHTB Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tulungagung untuk melakukan validasi atau pengesahan, cukup menggunakan aplikasi e-BPHTB dan melengkapi berkas-berkas yang diperlukan selanjutnya dilakukan scan berkas, sehingga meminimalisasi tatap muka dengan petugas validasi di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tulungagung.

Sebagai narasumber acara ini yaitu Sekretaris Bapenda Kabupaten Tulungagung Sugiono, SH, MH, yang memberikan materi tentang penggunaan aplikasi e-BPHTB sebelum dilakukan simulasi aplikasi.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan aplikasi e-BPHTB kepada operator dan user. Sebagai pembimbing adalah dari Bapenda Kabupaten Tulungagung.

Acara dihadiri oleh PPAT/ Notaris se-Kabupaten Tulungagung sebagai user dan operator sebagai administrator pelayanan di Kantornya.

Baca Juga

Pengumuman Penerimaan CPNS Pemkab Tulungagung 2018

Berdasarkan Keputusan Menpan-RB tgl. 30-8-2018 No.564 Th. 2018 tentang Kebutuhan Pegawai ASN di Lingkungan Kab. …