BERITA TERKINI
Home / Tulungagung Update / Banyak Kanal Informasi dan Pengaduan

Banyak Kanal Informasi dan Pengaduan

Sejak transformasi BPJS Kesehatan Center menjadi Layanan Informasi dan Pengaduan Rumah Sakit, BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung dan RSUD dr. Iskak Tulungagung kian memperkuat sinergi dengan membuka Pusat Layanan Informasi dan Pengaduan Terpadu (PLIPT). PLIPT ini dibuka karena RSUD dr. Iskak paham betul bahwa semakin meningkatnya kunjungan pasien, maka segala informasi yang berkaitan dengan layanan harus tersampaikan dengan benar.

“RSUD dr. Iskak selalu berimprovisasi, supaya masyarakat mendapatkan informasi yang benar baik mengenai layanan rumah sakit maupun tentang penjaminan BPJS Kesehatan, kami mempunyai gagasan supaya pasien tidak merasa dipingpong. Oleh sebab itu, kemudian RSUD dr. Iskak berkoordinasi dan berkomunikasi dengan BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, ditemui suatu titik bahwa sebaiknya kita punya sistem layanan informasi yang terpadu, ada petugas rumah sakit dan BPJS Kesehatan disitu secara otomatis akan saling tahu tentang masing-masing alur dan prosedur layanan, sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat,” jelas Kasi Informasi dan Pemasaran RSUD dr. Iskak, Mohammad Rifai, Kamis (19/04).

Ia menambahkan, selain pertanyaan maupun pengaduan disampaikan secara langsung, bisa juga disampaikan melalui website dan media sosial resmi, serta media online Whatsapp atau SMS di nomor 082132002005 milik RSUD dr. Iskak.Saat ini, PLIPT yang buka setiap hari selama 24 jam, telah berjalan baik dan kondusif, peserta JKN-KIS maupun pasien umum bisa memperoleh informasi dengan mudah.

“Sejak sebulan PLIPT itu berjalan, komplain sangat jauh berkurang, padahal biasanya setiap hari pasti ada saja di website, media sosial resmi maupun media online Whatsapp/ SMS RSUD dr. Iskak. Standar kami, siapapun yang mengadu, harus menerapkan 3S (Senyum, Sapa, Salam). Kemitraan ini berjalan dengan baik, responnya luar biasa, progress-nya juga bagi kami sangat membantu kepada masyarakat dan mengurangi komplain ke rumah sakit kami,” ujar Rifai.

Merasakan adanya tanggapan positif dari pihak RSUD dr. Iskak, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, Rinaldi Wibisono, menyampaikan ucapan terima kasihnya.

“Saya mewakili BPJS Kesehatan menyampaikan ucapan terima kasih atas respon positif dan upaya yang dilakukan RSUD dr. Iskak dalam memberikan layanan terbaik untuk Peserta JKN-KIS khususnya terkait informasi yang cepat dan tepat, sehingga peserta tidak merasa kesulitan ketika akan mendapatkan layanan kesehatan di RSUD dr. Iskak. Harapannya agar sinergi dan kerja sama yang baik ini akan terus terjalin demi keberlangsungan Program JKN-KIS serta kepuasan peserta,” ucap Al, panggilan akrabnya. (ck)

Baca Juga

Pelantikan Pengurus PMII Tulungagung

Rabu (11/7), bertempat di halaman Kantor PC. NU Jl. Patimura Gg. II No. 9 Gedangsewu …