Home / POLITIK / Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

Suksesnya Pilkada yang akan digelar pada 27 Juni 2018 yang akan datang, di antaranya ditentukan dari peran serta pemilih pemula, yakni mereka yang baru memiliki hak pilihnya pada Pemilukada. Menyadari hal ini perlu kiranya untuk diberikan pendidikan politik bagi pemilih pemula. Dengan diberikankan pendidikan politik, diharapkan para pemilih pemula ini tidak apatis pada pesta demokrasi di Indonesia.

Berkenaan dengan hal ini, maka Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Sosialisasi Pemilukada Tahun 2018 Bagi Pemilih Pemula di Kabupaten Tulungagung yang diselenggarakan di Auditorium STKIP PGRI Tulungagung pada hari Rabu, 14 Maret 2018. Kegiatan diikuti oleh para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Tulungagung.

Hadir dalam kegiatan ini para nara sumber dari KPU, Panwaslu serta dari Bakesbangpol sendiri. Seperti yang disampaikan oleh Kabid Kewaspadaan Dan Budaya Politik pada Bakesbangpol Ageng Setyo Budi tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran serta para pemilih pemula pada Pemilukada 2018, serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang peran strategis para pemilih pemula.

Disampaikan oleh Suyitno Arman salah satu komisioner KPU bahwa pemilu adalah mekanisme memilih pemimpin karena kita hidup di negara demokrasi hal ini berbeda jika hidup di negara kerajaan yang tidak memerlukan pemilihan untuk menentukan pimpinan karena dalam negara kerajaan, pemimpin ditentukan oleh adanya hubungan darah. Disinggung oleh Suyitno Arman bahwa jumlah pemilih pemula di Kabupaten Tulungagung sebanyak 44.978 dari total pemegang hak pilih sejumlah 852.116. Dari jumlahtersebut ditargetkan 77% pemegang hak pilih akan menggunakan hak pilihnya pada 27 Juni 2018 yang akan datang. (DISKOMINFO)

Baca Juga

Pencermatan DPT Pemilu 2019

Pemilihan Umum 2019, sudah memasuki tahapan pencermatan DPT atau Daftar Pemilih Tetap. Berkenaan dengan hal …