BERITA TERKINI
Home / Tulungagung Update / Deklarasi Kampanye Damai

Deklarasi Kampanye Damai

Gegap gempita Pilkada Tulungagung sudah memasuki tahapan Kampanye, mengawali kegiatan tersebut digelar Deklarasi Kampanye Damai yang diselenggarakan pada hari minggu 18 Februari 2018. Kegiatan Deklarasi Kampanye Damai kali ini dilaksanakan secara indoor dan outdoor. Untuk kegiatan Indoor diselenggarakan di Graha Wicaksana DPRD Tulungagung. Kegiatan yang digagas oleh KPU ini dihadiri selain oleh pasangan calon beserta partai pendukung kedua paslon juga dihadiri unsur Forpimda, OPD, Tim Kampanye masing-masing paslon juga dihadiri Pjs Bupati Tulungagung DR. Jarianto, Msi. Kegiatan ini diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia yang sedang menyelenggarakan Pilkada Bupati-Wakil Bupati, Walikota-Wakil Walikota maupun Gubernur-Wakil Gubernur.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Suprihno menyampaikan bahwa kampanye kali ini diharapkan menjadi kampanye yang yang baik, santun dan bijak. Disampaikan pula oleh Ketua KPU untuk bisa mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya, paslon boleh memberikan “amplop” tapi amplop tersebut bukan berisi uang namun berisi barang-barang seperti gantungan kunci, pin, stikcer yang nilainya tidak lebih dari dua puluh lima ribu rupiah.

KPU sendiri tidak mengatur tentang kapan saja paslon bisa mengadakan pertemuan terbatas, namun saat akan menggelar pertemuan terbatas paslon harus memberitahukan kepada pihak kepolisian serta ada tembusan ke KPU dan Bawaslu untuk dilakukan monitoring. KPU dalam hal ini hanya akan menjadwalkan satu kali untuk kegiatan kampanye pertemuan terbuka  / akbar.

Dalam kesempatan Deklarasi kali ini, untuk pertama kalinya Pjs Bupati Tulungagung menyapa masyarakat Tulungagung. Dalam arahannya Pjs Bupati berharap bahwa Pilkada di Tulungagung bisa mencapai 85% partisipasi warga, karena secara nasional saja partisipasi warga untuk memilih sudah mencapai 77%. Selain juga berharap agar situasi tetap terjaga kondusif selama tahapan Pilkada. Ditengah arahanya, Pjs Bupati Tulungagung juga mengingatkan tentang netralitas ASN selama proses Pilkada.

Dalam kesempatan Deklarasi Damai ini juga diberikan kesempatan kepada dua paslon untuk menyampaikan orasinya secara singkat. Kegiatan ditutup dengan penandatanganan Deklarasi Damai oleh kedua paslon. Kegiatan out door diisi pernyataa  Deklarasi kampanye damai  dilanjutkan dengan  pelepasan burung merpati dan balon di Parkir Timur Aloon Aloon Tulungagung serta pawai Kampanye Damai keliling kota Tulungagung. Agar gaung Pilkada bisa diketahui secara luas oleh masyarakat Tulungagung. (DISKOMINFO)

Baca Juga

Perjalanan Panjang Sugiyem Melawan Kanker

Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah memberikan banyak …