Home / Tulungagung Update / KIA Sebagai Kartu Identitas Anak Indonesia

KIA Sebagai Kartu Identitas Anak Indonesia

Untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah, dekat, cepat, dan murah kepada masyarakat baik untuk mengurus KTP, KK, Akte Kelahiran, Akte Kematian dan KIA maka Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung meluncurkan mobil pelayanan keliling sebanyak dua unit. Fasilitas ini nantinya diharapkan akan mampu menjangkau seluruh wilayah Tulungagung tanpa harus berjubel untuk hadir secara langsung di Dinas Kependudukan, demikian laporan panitia launching Mobil Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Kartu Identitas Anak Kabupaten Tulungagung Tahun 2018, Ir. Moch. Justi Taufik Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung.

Kegiatan dilaksanakan di halaman Dispendukcapil yang terletak di lingkar Aloon-Aloon Tulungagung. Dihadiri oleh Wakil Bupati, Kepala OPD, pimpinan Bank Jatim serta para camat tersebut dilaksanakan pada hari Jumat 2 Februari 2018. Penerbitan KIA merupakan perwujudan kehadiran negara dalam peningkatan kualitas pelayanan publik, karena KIA nantinya akan dimiliki oleh setiap anak di Tulungagung. KIA juga dapat digunakan untuk kepentingan pendidikan, kesehatan dan kegiatan sosial lainnya. Jumlah anak di Tulungagung ada sekiatar 250.000, dari jumlah tersebut selama tahun 2018 ini 10% di antaranya atau sekitar 25.000 akan memperoleh KIA dari Dispendukcapil.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Tulungagung menyampaikan bahwa Pelayanan Administrasi Kependudukan bukan hanya milik orang dewasa tetapi semua penduduk berhak memiliki dokumen kependudukan termasuk anak-anak. Karena setiap anak berhak atas kelangsungan hidup tumbuh dan berkembang dan harus memiliki identitas diri. Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis KIA kepada 26 anak sekolah dssar. Adapun yang berhak mendapatkan KIA adalah anak usia 1 hingga 17 tahun. (DISKOMINFO)

Baca Juga

Doa Bersama Dalam Rangka Mewujudkan Tulungagung Aman dan Damai Tahun 2018

Pada hari ini Jum’at (21/9) Pemerintah Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Do’a bersama yang bertempat di Pendopo …