Home / POLITIK / Sosialisasi Kampanye Pilkada 2018

Sosialisasi Kampanye Pilkada 2018

Sosialisaasi tahapan kampanye dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Tulungagung tahun 2018 berlangsung di Crown Victoria Hotel pada hari Sabtu 27 Januari 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh Partai Pengusung Calon Kepala Daerah, perwakilan dari masing-masing pasangan, Panwaslu, serta instansi terkait. Dalam kesempatan ini disampaikan aturan kampanye yang tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017.

Dalam PKPU dimaksud diatur secara jelas tentang pelaksanaan kampanye Pilkada yang dalam pelaksanaanya ada beberapa perbedaan dangan kampanye-kampanye sebelumnya. Di antaranya tentang waktu pelaksanaan kampanye yang berlangsung sangat lama yakni sejak tanggal 15 Februari sampai dengan 24 Juni 2018.

Sesuai dengan dinamika dimasyarakat, nantinya kampanye juga akan dilakukan melalui medsos oleh karenanya, nantinya pasangan calon harus mendaftarkan akun resmi sebagai sarana kampanye mereka melalui medai sosial. Hal tersebut disampaikan oleh Suyitno Arman Komisioner KPU.

Seperti tertuang dalam pasal 5 (2) PKPU 4 tahun 2018 bahwa kampanye yang dilaksanakan oleh parpol dan gabungan parpol, pasangan calon atau tim kampanye dapat melaksanakan kampanye dengan metode:

  1. Pertemuan terbatas
  2. Pertemuan tatap muka dan dialog
  3. Penyebaran bahan kampanye kepada umum
  4. Pemasangan alat peraga kampanye
  5. Kegiatan lain yang tidak melanggar larangan kampenye dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, selain penyampaian materi juga dibuka kesempatan tanya jawab yang dimanfaatkan oleh peserta diskusi untuk menanyakan hal-hal teknis berkenaan dengan pelaksanaan kampanye. (DISKOMINFO)

Baca Juga

Gebyar Undian Berhadiah PBB P-2 Tahun 2018

Dalam rangka memberikan apresiasi kepada wajib pajak khususnya Wajib PBB P-2 terhadap pembayaran sampai dengan …