BERITA TERKINI
Home / Tulungagung Update / Gagang Rejeb Sidi, Varietas Unggul Tembakau Tulungagung

Gagang Rejeb Sidi, Varietas Unggul Tembakau Tulungagung

Bertempat di Desa Wates Kacamatan Campurdarat, Jumat 17 November 2017 Bupati Tulungagung Syahri Mulyo membuka Sosialisasi Pelepasan Varietas Gagang Rejeb Sidi Sebagai Varietas Unggul Tanaman Tembakau Tulungagung. Sebagai warga Tulungagung tentunya harus berbangga hati karena kerja keras selama tiga tahun dari 2014 hingga 2016 Pemkab Tulungagung telah melakukan kerja sama dengan Balai Penelitian Tanaman Serat Dan Pemanis (BALITTAS) Malang untuk melakukan pemuliaan varietas tembakau yang ada di Tulungagung, dari hasil kerjasama tersebut diperoleh 6 varietas dengan varietas Gagang Rejeb Sidi sebagai variets unggulan. Keenam varietas tersebut sudah langsung didaftarkan di Kementrian Pertanian sebagai varietas tembakau lokal Tulungagung.

Dengan sudah didaftarkan ke Kementrian Pertanian, selanjutnya petani tembakau Tulungagung sudah bisa melaksanakan budidaya tembakau khususnya varietas Gagang Rejeb Sidi. Dalam sambutannya Bupati Tuungagung menyampaikan bahwa Gagang Rejeb Sidi merupakan aset Pemkab Tulungaung yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya para petani tembakau oleh karenanya Bupati mengajak kepada warga Tulungagung untuk menjaga dan memelihara sehingga dapat diambil manfaatnya untuk kesejahteraan.

Kegiatan sosialisasi pelepasan ini diikuti oleh 610 peserta, diantaranya adalah Petugas KJF, Mantri Tani, Koordinator BPP, POPT serta PPL, Pengurus APTI serta Ketua Klompok Tani dan Anggota Kelompok Tani. Sedangkan narasumbernya dari Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (BALITAS) Malang.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Tulungagung membagikan secara Simbolis Kartu Tani Indonesia (KTI) yang akan dimanfaatkan oleh para petani untuk menebus pupuk bersubsidi. Kartu Tani sendiri merupakan media penualuran Bansos dan subsidi, dengan menggunakan Kartu Multifungsi yang dikeluarkan oleh perbankan, berbasis tabungan, dimana data penerima akan terekam dalam karu tersebut untuk belanja dari alokasi kuota pupuk.(DISKOMINFO).

Baca Juga

Pembentukan Kampung Siaga Bencana Desa Tugu

Dibentuknya kampung siaga bencana adalah untuk meningkatkan kapasitas masyarakat agar lebih siap siaga untuk menghadapi …