Home / SOSIAL KEMASYARAKATAN / Hino 500 Ranger FG 235 JJ Fire Truck 5500 Water Foam Double Cabin, SNI Standart Protekta Firefort Vator Kendaraan Baru Damkar

Hino 500 Ranger FG 235 JJ Fire Truck 5500 Water Foam Double Cabin, SNI Standart Protekta Firefort Vator Kendaraan Baru Damkar

Kendaraan baru yang dimiliki Damkar Tulungagung jenis Hino FG 235 JJ dengan Chasis kendaraan buatan tahun 2016 berkapasitas 3 orang termasuk sopir dilengkapi dengan safety belt 2 tempat duduk dengan cabin tambahan 3-4 orang, sehingga bisa di muati sekitar 6 sampai 7 orang, mobil ini dibuat oleh PT Vator Pacific dengan produksi Body Cabin Heavy Equipment Fabrikan of Component & Carroseri, work shop & Office Cibinong Bogor.

Kendaraan pemadam kebakaran ini dilengkapi dengan sistem pendingin (Heat Exchanger) yang berfungsi untuk mendinginkan radiator mesin kendaraan yang airnya diambil dari sirkulasi air pompa pemadam. Kendaraan ini dengan variable nozzle kapasitas 500 GPM(1900 L/M) dipasang di atas kendaraan dilengkapi dengan ball valve, dapat berputar horizontal 360 derajat vertical +80 derajat dan -45 derajat, type pyton.

Tangki air ( Water Tank ) bahan terbuat besi baja ST37 disertai dengan rust-proofing dengan kapasitas 5000 liter, tangki ini merupakan bagian yang terpisah dari body cover tengah dengan rubber mounting pada landasan chassis kendaraan untuk meredam guncangan. Bila disemprotkan ke atas vertical bisa mencapai 40 meter dan horizontal mencapai 90 meter, sedangkan tangki busa ( Foam Tank ) berkapasitasnya 500 liter plat SUS 308 pengelasan TIG welding dengan system RTP ( Round The Pump ) system with proportioning foam system mixing water foam 1% – 6%.

Bertempat di GOR lembu peteng sekitar pukul 09.00 WIB pada Hari Selasa tanggal 3 Oktober 2017 kendaraan tersebut telah diresmikan oleh Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE. M.Si sekaligus mendemontrasikan pemadaman api di beberapa tong yang berisi solar dicampur dengan bensin dengan jarak sekitar 10 meter.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa Kepala OPD yang terkait, tokoh masyarakat, pengusaha dan anggota satuan Polisi Pamong Praja, digunakannya mobil damkar ini Bupati memecahkan kendi sekaligus sebagai tanda mobil siap untuk dioperasionalkan.

Dengan mengunakan rompi tahan api Syahri Mulyo mengingatkan agar kendaraan tersebut dirawat dengan baik serta petugas damkar terus belajar menggunakan panel-panel penyemprotan air yang digunakan untuk memadamkan api, dankedepan Pemda Kabupaten Tulungagung akan membeli kendaraan damkar yang lebih canggih lagi.

Dengan kelakar Bupati berharap kendaraan ini tidak digunakan alias tidak ada kebakaran di wilayah Tulungagung, beliau berharap para pengusaha sudah memiliki pemadam kebakaran seperti apar guna mencegah kebakaran kecil bila di perusahaannya mengalami kebakaran sehingga dengan menggunakan apar kebakaran bisa ditanggulangi sendiri dan tidak menyebar. Ke depan Pemda Tulungagung akan menggodok peraturan Bupati agar para pengusaha memiliki alat pemadam kebakaran seperti apar.  (DISKOMINFO)

Baca Juga

Luber Jurdil Untuk Pilkada Bersama 2018

Tekad menjadikan Pilkada serentak menjadi Pilkada Damai rupanya menjadi keinginan semua pihak, hal ini terlihat …