BERITA TERKINI
Home / PARIWISATA / Grebek Suro di Pantai Gemah

Grebek Suro di Pantai Gemah

Diprakarsai oleh Kelompok Sadar Wisata atau POKDARWIS Gema Wisata pimpinan Jumarli SPd, Kamis 21 September 2017 bertempat dipantai Gemah yang terletak di desa Keboireng Kecamatan Besuki berlangsung kegiatan Grebek Suro Sedekah Bumi. Kegiatan yang menandai datangnya tahun baru Hijriah 1439 tersebut dilaksanakan tak lain adalah untuk menarik hati wisatawan untuk berkunjung di Pantai Gemah yang booming sejak perayaan tahun baru 1 Januari 2017 yang lalu.  Meningkatnya kunjungan wisatawan di Pantai Gemah ini tak lain karena hadirnya JLS Jalur Lintas Selatan yang membuka akses jalan menuju pantai Gemah yang dulunya terisolir, sekarang mampu menyedot wisatawan untuk berkunjung dan menikmati liburan.

Hadir dalam kegiatan Grebek Suro kali ini Bupati, Wakil Bupati serta Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulungagung, serta masyarakat sekitar pantai dan juga para wisatawan yang tengah menikmati libur. Dalam sambutannya Kepala Desa Kebo Ireng mengatakan bahwa kegiatan Sedekah Bumi ini adalah sebagai bentuk wujud rasa syukur atas segala rejeki yang dilimpahkan bagi warga Desa Keboireng serta berharap dari kegiatan ini nantinya warga dan pengunjung Pantai Gemah diberikan kesehatan dan keselamatan terbebas dari balak dan musibah, diberikan panjang umur dan murah rejeki.

Bupati Tulungagung Syahri Mulyo SE. Msi memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kreatifitas dalam penyelenggaraan kegiata Grebek Suro Sedekah Bumi Dan Larung Saji dengan adanya kepedulian dari masyarakat. Untuk kedepanya, Bupati menginstruksikan kepada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan untuk menganggarkan kegiata serupa dengan lebih meriah dan lebih besar lagi. Bupati juga sangat mengapresiasi kepada masyarakat yang berhasil mejadikan Pantai Gemah sebagai destinasi wisata di Tulungagung, hal ini mengingat jika sekitar tiga tahun yang lalu masyarakat masih takut untuk berkunjung ke Pantai Gemah. Bahkan dalam guyonannya Bupati mengatakan,  ”Tiga tahun yang lalu mungkin hanya kutilanak atau gondoruwo yang menghuni Pantai Gemah, namun dengan pembangunan maka pantai gemah mampu menyumbang PAD bagi desa setempat yang pada endingnya adalah untuk kesejahteraan masyarakat sekitar pantai”. 

Dalam PAK sudah dianggarkan pembangunan lahan parkir agar mobil bisa parkir lebih nyaman dan pengunjung tidak terhalang oleh mobil yang parkir mendekati pantai seperti yang dilakukan pengunjung selama ini. Mengakhiri sambutannya mengatakan bahwa nantinya sharing antara pemerintah Daerah, Pemerintah Desa dan Perhutani sebagian akan disisihkan untuk daerah yang minus agar juga bisa merasakan hasil dari pembangunan agar tidak menimbulkan kecemburuan. (DISKOMINFO)

Baca Juga

Pembentukan Kampung Siaga Bencana Desa Tugu

Dibentuknya kampung siaga bencana adalah untuk meningkatkan kapasitas masyarakat agar lebih siap siaga untuk menghadapi …