Home / SOSIAL KEMASYARAKATAN / Penyaluran PKH di Kabupaten Tulungagung

Penyaluran PKH di Kabupaten Tulungagung

Penyaluran PKH di Kabupaten Tulungagung sudah mulai bergulir sejak Jumat 11 Agustus 2017 di Kecamatan Pakel, berlanjut di hari Selasa 15 Agustus 2017 penyaluran di Balai Desa Kepuhrejo Kecamatan Ngantru  dan berlanjut ke Desa Ringinpitu Kecamatan Kedungwaru sedangkan penyaluran untuk hari ini Rabu 16 Agustus 2017 berlangsung di Desa Suwaru Kecamatan Bandung. Demi menyampaikan kucuran dana kepada masyarakat penerima manfaat, Dinas Sosial KB PPPA kerja marathon hingga malam hari. Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai sendiri diatur dalam Perpres no 63 tahun 2017. Penyaluran Bantuan Non tunai ini sendiri mendapatkan perhatian penuh dari Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE, MSi yakni dengan hadir secara langsung ditengah-tengah masyarakat penerima bantuan tersebut.

PKH sendiri adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan kepada kluarga miskin yang memenuhi ketentuan dan persyaratan yang berlaku. Adapun tujuan pemberian PKH sendiri adalah untuk memutus mata rantai kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yang kurang yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan bagi kelompok miskin. Tujuan ini berkaitan langsung dengan upaya mempercepat pencapaian target Millenium Development Goals. Berbagai persyaratan menyertai bagi para penerima manfaat, diantaranya adalah dalam keluarga tersebut ada anak yang masih bersekolah bahkan juga disyaratkan anak sekolah tersebut mampu memenuhi absensi 85%, atau ada ibu hamil, atau ada anak balita dikluarga calon penerima manfaat. Ditambahkan oleh Kepala Dinas Sosial KB PPPA bahwa selain yang sudah disebutkan sebelumnya, KPM penerima PKH adalah jika dalam rumah tangga itu ada orang usia lanjut dan penyandang disabilitas.

Sesuai dengan target dari Dinas Sosial KB PPPA, penyaluran dana PKH ini akan tuntas pada 31 Agustus 2017. Kegiatan akan dilaksanakan mulai pagi jam 08.00 hingga selesai, bahka tidak saja dilaksanapada hari kerja tapi akan dikebut juga pada hari libur nasional sekalipun, yakni esok hari Kamis 17 Agustus 20127 akan tetap dilkasanakan pembagian PKH. Adapun untuk tanggal 17 Agustus 2017 pembagian akan dilaksanakan di Desa Suwaru Kecamatan Bandung dengan penerima sebanyak 980 KPM dan berlanjut ke Desa Kauman Kecamatan Kauman sebanyak 836 KPM.

Berbeda dengan penyaluran dana pada umumnya, penyaluran dana PKH ini berbentuk Non Tunai atau disalurkan melalui ATM yang dimiliki oleh masing-masing KPM. Dengan begitu diharapkan para penerima manfaat tersebut tidak serta merta menghabiskan dana bantuan tersebut. Tapi bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing keluarga, atau bahkan bisa juga dijadikan sebagai saving atau tabungan seperti yang disampaikan oleh Drs. Suprapto, MM Kepada Dinas Sosial KB PPPA di ruang kerjanya Selasa 16 Agustus 2017.

Untuk pelaksanaan pembagian PKH ini selain dilaksanakan oleh Dinas Sosial KB PPPA dibantu oleh tenaga Pendamping dan operator yang mengupdate setiap informasi dari kegiatan penyaluran dan pendataan PKH sebanyak 102 orang, baik yang bertugas dilapangan maupun yang mengerjakan administrasi di kantor Dinas Soisal KB PPPA yang terletak di Komplek Perkantoran Rejo Agung Tulungagung. (DISKOMINFO)

Baca Juga

Luber Jurdil Untuk Pilkada Bersama 2018

Tekad menjadikan Pilkada serentak menjadi Pilkada Damai rupanya menjadi keinginan semua pihak, hal ini terlihat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + 11 =