Home / POLITIK / Hibah Dana Menuju Pilkada Tulungagung 2018

Hibah Dana Menuju Pilkada Tulungagung 2018

Bertempat di ruang Pertemuan Bakesbangpol Kabupaten Tulungagung Senin 31 Juli 2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung menandatangani NPHD Pilkada Tulungagung 2018. Dengan disaksikan pejabat dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dari KPU Kabupaten Tulungagung oleh Ketua KPU Kabupaten tulungagung Suprihno, sedangkan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tulungagung Rudy Christanto.

Penandatanganan NPHD ini sebagai tindak lanjut atas Surat Edaran Mendagri Nomor: 273/2845/SJ tanggal 19 Juni 2017 tentang Penandatanganan Pilkada Serentak Tahun 2018. Dalam SE Mendagri tersebut, tercantum bahwa Pilkada Serentak Tahun 2018 tahapannya mulai tahun 2017, baik seluruhnya/sebagian untuk selanjutnya dianggarkan dalam bentuk hibah, maka penandatanganan NPHD paling lambat akhir Juli 2017.

KPU Kabupaten Tulungagung telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung pada hari Kamis, 27 Juli 2017. menggelar rapat kordinasi khusus membahas rencana penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tahun 2018. Rapat bertempat di Meeting Room Dinas Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Tulungagung itu dimulai pukul 13.30 WIB, secara khusus juga membahas finalisasi Rencana Kebutuhan Belanja (RKB) pilkada serentak 2018.

Dana hibah yang diberikan untuk penyelenggaraan Pilkada Tulungagung 2018 totalnya sebesar Rp.37.6 milyar, namun pencairannya akan dilakukan beberapa kali, menyesuaikan tahapan dan kemampuan keuangan daerah. Pencairan dilaksanakan dalam 3 (tiga) termin. Pertama tahun 2017 sebesar  Rp.6,4 milyar. Sisanya akan dicairkan Tahun 2018 sebesar Rp. 31,2 milyar. Ini menyesuaikan kebutuhan tahapan sekaligus kemampuan keuangan daerah”, ujar Rudy.

Ungkapan rasa syukur juga disampaikan Ketua KPU Tulungagung Suprihno. Sebagai penyelenggara pemilihan, lembaganya berupaya akan melaksanakan mandat dan amanat dengan sebaik-baiknya, jujur, adil akuntable dan transparan dan selanjutnya bisa digunakan bersamaan dengan dimulainya tahapan pilkada 2018. (Bakesbangpol)

Baca Juga

Bendosari Ngantru Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan

Dengan hanya membayar iuran sebesar 8.300 rupiah seluruh perangkata desa, BPD serta RT-RW se desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − eight =