Home / SOSIAL KEMASYARAKATAN / Pelepasan Calon Jamaah Haji Tahun 1438H / 2017 M

Pelepasan Calon Jamaah Haji Tahun 1438H / 2017 M

“Beribadah hajilah dengan santun” begitulah pesan Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE.MSi saat acara Pelepasan Calon Jamaah Haji Tahun 1438 H / 2017 M. Kegiatan berlangsung di Pendopo Kongasarum Kusumaning Bongso  Selasa 25 Juli 2017. Adapun  Calon Jama’ah Haji yang bisa berangkat tahun ini sebanyak 1.103 orang sesuai dengan daftar calon jama’ah haji di Kemenag Tulungagung.

Para calon jamaah haji tersebut akan diberangkatkan dalam 3 kloter, yakni kloter 7, 8 dan 9. Syahri Mulyo  berpesan agar para calon jamaah haji bisa bersabar dalam melaksanakan ibadah di tanah suci, sabar dalam hal ini adalah mampu mengendalikan diri, kemampuan menata diri agar tidak terburu-buru mengingat fasilitas yang disediakan juga terbatas.

Disamping itu Bupati juga berpesan untuk menjaga kesehatan mengingat ibadah haji sangat menguras kemampuan fisik ditengah cuaca yang cukup ekstrim yakni suhu mencapa antara 40 hingga 50 derajat celcius. Dia berharap para jamaah mendoakan untuk kabupaten Tulungagung agar selalu dalam keadaan kondusif baldatun toyibatun warabun ghofur agar Ayem Tentrem Mulyo Lan Tinoto segera tercapai.

Ibadah Haji sendiri adalah untuk memenuhi tuntunan sesuai dengan rukun islam yang  ke lima, ibadah haji sendiri adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh umat islam yang mampu secara materi, fisik dan keilmuan dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di tanah suci atau Arab Saudi pada satu waktu yang dikenal dengan musim haji. Hal ini tentunya berbeda dengan ibadah yang lainnya yang bisa dilaksanakan kapan saja dan dimana saja.

Adapun calon jamaah haji dari kabupaten Tulungagung yang bisa berangkat pada tahun 2017 ini terdiri dari mereka dengan rentang usia antara 23 tahun hingga 84 tahun. Adapun jamaah termuda adalah Zuvita Nandiastika Binti Bahrodin lahir 12 Mei 1994 (23 tahun) dari Dusun Bakah Desa Mergayu kecamatan Bandung, serta calon jamaah haji tertua adalah Dulah Bin Kaimin (84 tahun) dari Dusun Jeruk Desa Jabon Kecamatan Kalidawir dan Sukani Bin Sontono (84 tahun) dari Desa Sumberringin Kidul Kecamatan Ngunut.

Seperti disampaikan oleh Kepala Staf Penyelenggara Haji H.Nuril Huda, SH, S.Pdl, MH menyampaikan bahwa untuk bimbingan manasik haji massal dilaksanakan ditingkat kabupaten sebanyak 2 kali yaitu tanggal 5 Juli 2017 dan 8 Juli 2017 bertempat di Crown Victoria Hotel Tulungagung. Adapun jadwal keberangkatan calon jamaah haji Kabupaten Tulungagung adalah :

  • Kloter 7 diberangkatkan dari halaman Pemkab Tulungagung tanggal 28 Juli 2017 pukul 24.00 WIB

  • Kolter 8 diberangkatkan dari halaman Pemkab Tulungagung tanggal 29 Juli 2017 pukul 15.00 WIB

  • Kloter 9 diberangkatkan dari halaman Pemkab Tulungagung tanggal 29 Juli 2017 pukul 24.00 WIB

Sebelum pemberangkatan ke tanah suci para Calon Jamaah Haji melaksanakan istighosah bersama dengan dipimpin oleh Gus Hadi. (DISKOMINFO).

Baca Juga

Gagang Rejeb Sidi, Varietas Unggul Tembakau Tulungagung

Bertempat di Desa Wates Kacamatan Campurdarat, Jumat 17 November 2017 Bupati Tulungagung Syahri Mulyo membuka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one + 16 =