Home / PENDIDIKAN / Pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)

Pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)

Generasi muda, khususnya mereka yang saat ini ada di bangku SD dan SMP merupakan bibit segar yang mempunyai potensi yang bahkan mampu mengguncang dunia. Menyadari akan besar potensi para siswa di tingkat tersebut maka sudah merupakan suatu keharusan bagi pemerintah untuk menciptakan wadah bagi mereka untuk berkompetisi atau unjuk kebolehan. Generasi muda Indonesia selain dituntut sukses dibidang pendidikan atau bidang akademik perlu juga diarahkan agar mereka memiliki kemampuan non akademik yang mutlak dikuasai sebagai bekal dalam mengarungi kehidupannya kelak.

Bertempat di GOR Lembu Peteng Selasa, 25 April 2017 berlangsung Pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional. Untuk kegiatan O2SN tingkat SD diselenggarakan dari 26-29 April 2017, O2SN tingkat SMP 20-29 April 2017. Sedangkan untuk FLS2N tingkat SD diselenggarakan 3-4 Mei 2017, FLS2N tingkat SMP diselenggarakan pada 9-11 Mei 2017. Dalam laporannya, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Dan OlahRaga Tulungagung Suharno, S.Pd, M.Pd menyampaikan bahwa tujuan dari diselenggarakannya O2SN dan FLS2N diantaranya adalah untuk memberikan wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan potensi masing-masing, menumbuhkan jiwa kerja sama serta memupuk kejujuran dan sportifitas pada peserta didik. Kegiatan ini diikuti SD dan SMP baik negeri maupun swasta di Tulungagung.

Adapun dalam O2SN tingkat SD ini cabor yang dipertandingkan/diperlombakan adalah atletik, senam, renang, bulutangkis, pencak silat, karate, bola voli, serta sepak bola. Sedangkan O2SN tingkat SMP cabor yang dipertandingkan/diperlombakan diantaranya atletik, renang, bulutangkis, pencak silat, karate. Sedangkan untuk FLS2N tingkat SD memperlombakan Menyanyi tunggal, Seni Tari, Baca Puisi dan lomba pantomim. Untuk FLS2N tingkat SMP memperlombakan Musik tradisional, gitar tunggal, kreatifitas tari, menyanyi solo, cipta baca puisi.

Selain pembukaan O2SN dan FLS2N, dalam kesempatan ini juga dilaksanakan pelepasan kontingen Pekan Seni Pelajar Tingkat Jawa Timur yang akan berlaga mulai 26 hingga 28 April 2017 di Kediri JawaTimur yang diikuti oleh 225 pelajar tingkat SD dan SMP. Adapun yang diperlombahakn dalam kegiatan tersebut diantaranya paduan suara, karawitan, lukis dan patung, baca puisi, musik tradisional, dan tari.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Wakil Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Bhirowo, MM disampaikan kegiatan O2SN dan FLS2N merupakan upaya nyata dari Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Drs. Maryoto Bhorowo, MM mengajak serta seluruh undangan yang terdiri dari anggota Forkopimda dan Pimpinan OPD untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan menuju Tulungagung yang ayem tentrem mulyo lan tinoto. (DISKOMINFO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × five =